“ Aku Ingin Jadi… ENTREPENEUR…”

“aku ingin jadi dokter… jadi manager… jadi insinyur… jadi…. ” banyak jawaban dan cita – cita yang diucapkan dari teman, saudara dan semua manusia. Kita memiliki banyak impian yang kita harapkan dapat membahagiakan, mensejahterakan dan membuat masa depan menjadi lebih baik.

Tapi satu jawaban yang membuat banyak orang diam, jawaban dari seorang anak yang memang sering disebut aneh. “ aku ingin jadi… ENTREPENEUR… punya banyak cabang rumah makan – cafe – juga perusahaan, kemudian aku akan menikmati kehidupan ku yang bahagia dengan mengelilingi dunia, dan mengawasi semua hasil usahaku melalui internet.”

Banyak orang yang mendengar jawaban itu ternganga, senyum mengejek atau bahkan semakin yakin bahwa anak itu bukan hanya aneh, tapi juga gila. Anak itu memandang seisi kelas, tersenyum pada semua orang dengan berbagai macam ekspresi. ia tahu betul apa yang ada dihati setiap orang yang mendengar jawabannya, tapi semakin cita-citanya dianggap hal yang tidak mungkin, maka semakin kuat tekatnya untuk membuat itu semua menjadi kenyataan, yang jelas hingga hari ini ia masih terus bermimpi dan berusaha mewujudkan tiap mimpi itu untuk menjadi kenyataan.

Anak itu adalah aku yang menjadi salah satu orang yang bermimpi untuk membantu Indonesia mencapai kemakmuran, karena setidaknya dibutuhkan wirausahawan ( entrepenuer ) 2% dari jumlah rakyat Indonesia agar kita dapat menjadi lebih makmur. Contohnya Singapura yang memiliki wirausahawan sekitar 7,2 persen dan Amerika Serikat memiliki 2,14 persen entrepreneur. Sementara itu, Indonesia dari 220 juta lebih penduduk, Indonesia hanya memiliki sekitar  400.000 pelaku usaha mandiri, atau sekitar 0,18 persen  wirausahawan dari jumlah penduduknya.

Hal ini tentu sangat memrihatinkan. Padahal, menurut pendiri University  of Ciputra Entrepeneurship Center (UCEC) ini, potensi Indonesia  terbilang besar. Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah siap diolah. Indonesia termasuk dalam ranking 10 besar penghasil tembaga, emas, natural gas, nikel, karet, dan batubara. Dan, masih  banyak lagi keunggulan yang dimiliki oleh Indonesia.  Karena itu, aku masih terus berusaha menjadikan diriku mampu untuk bisa menjadi sedikit lebih berguna bagi Indonesia, dengan menjatuhkan pilihan menjadi WIRAUSAHA.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s