Mari profesional ber-koperasi!!!

Mari profesional ber-koperasi !!!

Keadaan koperasi yang kini kian ditinggalkan harus kita perhatikan bersama, dan mencoba mencari solusi terbaik agar kejayaan koperasi yang kian hilang menjadi kembali Berjaya. Dengan tergabung menjadi anggota koperasi maka kita akan mendapatkan SHU ( Sisa Hasil Usaha ). Koperasi sekarang ini memang harus menerapkan dan melakukan perbaikan diberbagai macam hal:

1.       Management koperasi

Management didalam tubuh koperasi kini biasanya telah banyak terkontaminasi oleh kepentingan – kepentingan satu pihak. Oleh karena itulah bagi koperasi yang maju hendaknya menerapkan managemen koperasi yang terstruktur fleksibel dan professional.

Managerial yang sesuai dengan asas asas pembentukan koperasi itu sendiri, yang hadir untuk mensejahterakan anggotanya, untuk berperan dalam perekonomian masyarakat khususnya dalam lingkup anggota. Management yang seimbang, fleksibel dan sesuai dengan peraturan menteri koperasi.

2.       Promosi

Untuk melakukan kemajuan dalam bidang pelayanan dan penjualan produk maka koperasi juga harus melakukan promosi, bukan hanya ke angotanya akan tetapi juga pada masyarakat luas, sehingga kehadiran koperasi tidak lagi dipandang sebelah mata.

3.       Produk

Produk pelayanan ataupun barang dan jasa yang ditawarkan oleh koperasi hendaknya ikut mengikuti perkembangan jaman, jadi up to date untuk terus mensejahterakan anggota dan melayani masyarakat.

4.       Price

Harga barang produk yang dijual oleh koperasi hendaknya memiliki tingkat kompetitif yang kuat. Harga disini harus mampu bersaing dengan pasar-pasar biasa. Sehingga mampu menarik para konsumen untuk terus melirik koperasi sebagai tempat mereka berbelanja dan ikut serta menjadi anggota koperasi.

5.       Place

Letak koperasi yang strategis mampu menjadi factor penentu keberhasilan koperasi dalam melayani konsumennya. Posisi koperasi yang biasanya kurang diperhatikan oleh para pengelola biasanya membuat koperasi sepi dari pelanggan. Bagaimanapun untuk menunjangbpelayanan yang optimal koperasi juga harus bertemoat diposisi yang strategis.

 

5 hal diatas hendaknya dapat dipenuhi oleh koperasi agar bisa bersaing dengan usaha sejenis. Hal utamanya adalah meningkatkan kualitas produk yang didukung dengan pelayanan yang baik dan menyenangkan pelanggan akan mampu membuat koperasi mampu bertahan dan mengungguli pesaingnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s