Program untuk memajukan KOPERASI, jika saya PRESIDEN

Koperasi merupakan salah satu penopang ekonomi terutama dipedesaan. Keadaan koperasi kian memprihatinkan, padahal belumlama ini koperasi baru saja melewati harijadinya yang ke – 63 Pada tanggal 12 Juli lalu.

Dahulu koperasi merupakan primadona dalam perekonomian, akan tetapi kini keadaan koperasi semakin memprihatinkan, namanya kian terkikis oleh zaman yang lebih dikuasai oleh pasar-pasar besar, masyarakat yang merupakan penggerak koperasi mulai juga melupakannya karena merasa begitu banyak hal yang ia dapatkan diluar.

Kurangnya system yang fleksibel serta kreatifitas dalam pelayanan, pengorganisasian juga kurangnya hasrat dari pengurus dan anggota koperasi untuk kian meningkatkan koperasi membuat primadona perekonomian dulu ini kian terlupa.

Padahal cikal bakal perekonomian Indonesia dibangun dengan koperasi, adapun hal yang akan dilakukan jika pribadi saya berkesempatan untuk melakukan perubahan dalam pembangunan koperasi kembali adalah:

1.      Membangun SDM pengurus koperasi

Melakukan koordinasi dengan semua untit koperasi berjenjang mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota. Membangun intelektualitas dan kemampuan dari setiap pengurus koperasi.

Caranya dengan mengadakan program pelatihan bagi setiap pengurus koperasi serta beberapa anggota koperasi terpilih dan melakukan pembekalan tentang ekonomi kreatif yang dapat diaplikasikan di dalam koperasi.

2.      Memperluas jangkauan koperasi dengan meningkatkan daya saing dan tingkat kreatifitas dari setiap produk yang ditawarkan dari setiap koperai.

Untuk perluasan jangkauan koperasi maka setiap pengurus dan anggota akan menjadi lebih bertanggung jawab dan menjadi lebih terlibat dalam upayanya meningkatkan KUALITAS koperasi itu sendiri.

3.      Melakukan kompetisi koperasi se-INDONESIA

Adapun penilaiannya menyangkut hal managemen koperasi, tingkat perputaran uang, kreatifitas produk dan pelayanan yang ada serta orisinalitas ide, kreatifitas dan produk inovatif yang mampu bersaing bukan hanya dengan sesame koperasi akan tetapi dengan toko, pasar ataupun pedagang lain.

4.      Menggalakan serta mulai membudayakan koperasi kembali di dalam masyarakat

Memulai dengan promosi serta pembudayaan terstruktur tentang pengenalan dan pencitraan yang baik tentang koperasi yang lebih merakyat dan cocok dengan budaya Indonesia. Langkah awal yang paling mudah adalah mulai memperkenalkan koperasi disetiap sekolah mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama [SMP], Sekolah Menengah Atas [SMA], lebih mengintensifkan kembali khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan [SMK] terutama pada kelompok Bisnis Management.

Pada level ini siswa – siswi dilibatkan langsung untuk melakukan kegiatan perekonomian yang terjadi dalam koperasi, hal ini dimaksudkan agar setiap siswa – siswi dapat mempraktekannya langsung pada dunia msyarakat, sehingga aplikasi untuk mengenai kekoprasian menjadi lebih jelas dan bersifat langsung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s